-->

WM1

Sejarah Nilai-Nilai Dasar Perjuangan Himpunan Mahasiswa Islam (NDP HMI)



Sejarah NDP HMI

Pengertian NDP HMI

Nilai-nilai Dasar Perjuangan HMI yang kemudian lebih dikenal dengan NDP HMI adalah dokumen resmi organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang telah diresmikan pada kongres ke X di Palembang, memegang peranan penting sebagai pedoman dan penjelasan tentang peran HMI sebagai organisasi perjuangan.NDP merupakan perumusan tentang ajaran-ajaran pokok agama Islam, yaitu nilai-nilai dasarnya sebagaimana tercantum dalam Al Qur‘an dan As Sunnah. Islam sebagai ideologi HMI, telah menjadi sumber motivasi, pembenaran dan ukuran gerak, bagi langkah perjuangan organisasi ini dalam menunaikan misi keummatan dan kebangsaannya.

Sejarah Perumusan NDP HMI

Nilai-nilai Dasar Perjuangan HMI (NDP HMI) pada awalnya dirumuskan dari kesimpulan perjalanan Nurcholis Madjid berkunjung ke Amerika yang kemudian dilanjutkan ke Timur Tengah. Sebenarnya perjalanan ke Timur Tengah lah yang memberikan inspirasi beliau dalam pemikiran dan pemahamannya terhadap Islam sehingga muncullah NDP ini. Sebetulnya kesimpulan perjalanan itu akan diberikan nama Nilai-Nilai Dasar Islam tetapi itu terlalu besar dan moralis, seakan-akan kita mengklaim bahwa inilah Nilai-Nilai Dasar Islam. Sehingga nama yang pas itu adalah Nilai-Nilai Dasar Perjuangan, kata perjuangan ini sebagai simbol semangat dan peran seorang mahasiswa atau pemuda yang harus tetap berjuang dalam kebenaran. NDP dipresentasikan dalam bentuk draft pada Kongres ke IX di Malang tahun 1969 dan diberikan kekuasaan pada perumusnya yakni, Nurcholis Madjid, Endang Syaifudin Anshori, dan Syakib Machmud.

Narasi singkat lahirnya NDP HMI adalah sebagai berikut:
  1. Berawal dari Kertas Kerja PB HMI (1966 - 1969), disusun oleh CAK NUR – Nurcholish Madjid, Ketum PB HMI saat itu.
  2. Awalnya, Cak Nur mendapat Beasiswa ―Council for Leader and Specialist (1968) ke USA.
  3. Di Washington, Cak Nur melakukan dialog-dialog dan mengamati dunia mahasiswa.
  4. Lalu berpetualang ke Timur tengah.
  5. Cak Nur melihat dua kondisi mahasiswa yang berbeda (Amerika dan Timur Tengah).
  6. Hal tsb memberi inspirasi terhadap ide dan sikap.
  7. Maka lahirlah Draft NDP.
  8. Draft tersebut dipresentasikan pada Kongres IX Malang, Th.1969.
  9. Setelah itu dibentuk ―Komisi Khusus NDP dengan tiga (3) orang pengkaji: Cak Nur, Endang Saifuddin Anshari, Sakib Mahmud.
  10. Draft NDP hasil kajian tersebut dipresentasikan pada ―Seminar Kader, Pekalongan Th.1970.
  11. NDP kemudian disahkan pada Kongres X Palembang Th.1972, sebagai Dokumen dan Acuan Gerak Organisasi.
  12. Lalu NDP disosialisasikan secara luas oleh PB HMI.
NDP Sebagai Kerangka Pemikiran Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan

Pada mulanya perjalanan Nurcholis Madjid ke timur Tengah adalah atas dasar perkembangan Islam di Indonesia. Dan dari sana Ia mendapatkan jawaban bahwa Islam di Indonesia memang berbeda dan paling sedikit ter-arab-kan. Bisa kita lihat di berbagai Negara Muslim terbesar mereka menggunakan budaya arab, salah satu contohnya menggunakan bahasa arab, lain dari Indonesia Negara Muslin terbesar tetapi menggunakan bahasa dan tulisan latin. Selain itu Negara di Eropa seperti Romawi, Yunani, dan Spanyol yang menggunakan tulisan latin. Ini yang menjadi Semangat keislaman yang menyertai suasana kelahiran HMI, mengharuskan HMI menjadikan islam sebagai roh dan karakternya.

Semangat kesejarahan ini memberikan pengertian bahwa dalam keadaan bagaimanapun HMI tidak dapat melepaskan keterikatannya pada ajaran-ajaran dan nilai-nilai islam. Islam telah menjadi kodrat dan fitrah HMI sejak awal kelahirannya. Bagi HMI, islam diyakini sebagai kebenaran yang baik dan haq, tidak ada lagi kebenaran selain islam.

Hubungan antara NDP dan Mission HMI

Islam merupakan identitas HMI yang menjadi pegangan dan sandaran kader dalam berucap, bertindak, dan bersikap dalam perjuangan HMI. Islam sebagai ideologi HMI berisi tentang misi-misi perjuangan HMI baik dari sisi organisasi dan personal kader HMI. Misi-misi tersebut menjadi kewajiban kader untuk di perjuangkan dan di realisasikan, karena HMI merupakan organisasi masa depan yang mencetak sumber daya manusia sesuai dengan ajaran Islam. Misi dan perjuangan HMI tidak lain yakni melepaskan belenggu kaum-kaum mustadh‘afin (orang-orang lemah).

Mission HMI adalah sebuah modalitas dan dasar yang harus dicapai oleh organisasi HMI dalam memperjuangkan asas, tujuan, usaha, sifat, peran, fungsi dan kedudukanya sedangkan NDP HMI sebagai jalan untuk menuju itu semuanya. Dalam proses pencapaian misi HMI, NDP menjadi pegangan dan arah organisasi dalam mewujudkan cita-cita HMI. Untuk itu, hubungan NDP dengan Mission HMI sangatlah berkaitan, Mission adalah cita yang akan dicapai sedangkan NDP adalah jalan menuju cita HMI.

0 Response to "Sejarah Nilai-Nilai Dasar Perjuangan Himpunan Mahasiswa Islam (NDP HMI)"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda. Kritik atau saran sangat saya harapkan untuk menjadikan lebih baik ke depannya. Komentar akan dimoderasi sebagai filter terhadap komentar-komentar yang tidak sesuai. Tabik!

Iklan Atas Artikel (WM2)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel