-->

WM1

Cara Mudah Screenshot Menggunakan Windows 10

 
Kalian sudah bisa cara screenshot di windows 10? Jika belum Gausah khawatir, nanti mimin akan kasih tau kok gimana si cara screenshot di windows 10. Yuk kita cek caranya dibawah ini.

Bagi para pengguna macOS, mungkin sudah paham dengan tombol cmd + shift + 3 yang fungsinya membantu mengambil screenshot di semua area layar yang terbuka. Lalu teman-teman kombinasi dengan tombol cmd + shift + 4 yang bisa membantu pengguna juga dapat digunakan untuk mengambil porsi tertentu dari layar.

Nah, bagaimana dengan pengguna Windows? Bagi sebagian besar pengguna WIndows 10, mengambil screenshoot jadi sebuah kegiatan esensial, sehingga menjadikan fitur tersebut sebetulnya sangat krusial.

Contohnya adalah kalian seorang atasan, yang butuh mengambil laporan di dalam apps untuk diteruskan ke klien, atau mungkin kalian seorang desainer grafis yang perlu mengambil sedikit porsi dari desainnya untuk dapat dilaporkan kepada atasannya.

Semua hal itu bisa dilakukan di dalam Windows 10, kalian hanya perlu berbekal beberapa shortcut saja. Sama halnya seperti pengguna macOS, pengguna Windows 10 juga bisa mengambil Atau screenshot seluruh porsi layar, maupun satu bagian kecil saja dari layar Windows 10 yang sedang terbuka.

Selain itu, bagi para pengguna Windows 10 juga bisa menyimpan screenshot kemudian membaginya melalui aplikasi apapun, seperti Microsoft Paint, Caranya pun sangat mudah. Mimin biasanya menggunakan aplikasi microsoft paint ini.

Beberapa Cara Screenshot di Windows 10

Alt + Print screen


Kombinasi Alt + print screen ini dapat menscreenshot atau menangkap layar, namun hanya menscreenshot jendela yang aktif saja. Cara ini adalah cara yang sempurna untuk menscreenshot hal yang penting saja, ketika membuka banyak jendela dan memiliki display yang besar dan hasilnya akan disimpan di dalam clipboard.

Win + print screen

Selanjutnya adalah kombinasi tombol Win + H ini akan dapat menangkap gambar seluruh layar kalian dan akan langsung menyimpan ke drive teman-teman. Hasilnya nanti bisa kalian lihat ke dalam Pictures Library di folder yang bernama Screenshot.

Di dalam folder tersebut, biasanya terdapat file yang berbentuk png, nah kombinasi ini lebih memudahkan teman-teman dibanding menekan Print Screen dan menempelkan hasilnya ke dalam aplikasi pengolah gambar, contohnya aplikasi Paint. Namun, kalian tak bisa menekan Alt + Win + Print Screen untuk dapat bisa menyimpan gambar dari jendela yang sedang aktif.

Win + H

Selanjutnya, kita bahas cara menggunakan Win + H, cara ini mungkin bukanlah cara termudah, tetapi cara ini dapat digunakan sebagai pintasan lain, fungsinya sama yaitu untuk menscreenshot layar

Cara ini akan berguna untuk menscreenshot aplikasi yang aktif, dan juga dapat membuka panel berbagi, dan memungkinkan teman-teman untuk memasukkan serta membagi ke aplikasi yang lainnya.

Windows + Volume Down

Windows + Volume Down bisa dianggap seperti Win + Print Screen, pasalnya tombol ini juga berguna sebagai kombinasi untuk dapat menscreenshot layar. Tombol ini menjadi bahan kombinasi tombol yang sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Snipping Tool


Selanjutnya adalah aplikasi snipping tools, aplikasi ini biasa dan sangat sering mimin gunakan untuk menangkap layar atau screenshot gambar di layar laptop. Aplikasi snipping tools ini adalah cara termudah yang bisa teman-teman coba.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian memiliki kendali penuh ketika akan menscreenshot, yakni kamu hanya perlu melakukan drag dengan menahan klik kiri, mirip seperti kalian memblok teks. Tetapi sebelum itu, buka software snipping tool dulu, dengan cara menuliskannya didalam pencarian, kemudian ketik Snipping Tool dan klik.

Microsoft snip

Yang satu ini adalah microsoft snip, yang bisa kalian gunakan untuk dapat menscreenshot gambar, caranya mudah kalian perlu download terlebih dahulu aplikasi ini lalu instal. seperti biasa lalu setelah selesai menginstall maka akan muncul panel Snip pada bagian atas layar monitor.

Disana akan terdapat pilihan Capture, Whiteboard, dan Camera. Karena pada kasus ini kita ingin mengambil screenshoot layar, maka pilih Capture. Menggunakan aplikasi ini sangat mudah, karena sama halnya dengan menggunakan snipping tools, kalian bisa drag semua layar atau sebagian layar yang diinginkan. Maka akan muncul hasilnya dan save.

Semua cara screenshot di windows 10 diatas, bisa kalian coba, entah memilih salah satu cara atau semua cara inging dicoba. Beberapa perlu diperhatikan, terkait cara dan layar mana yang bisa discreenshot. Semoga bermanafaat!

0 Response to "Cara Mudah Screenshot Menggunakan Windows 10"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda. Kritik atau saran sangat saya harapkan untuk menjadikan lebih baik ke depannya. Komentar akan dimoderasi sebagai filter terhadap komentar-komentar yang tidak sesuai. Tabik!

Iklan Atas Artikel (WM2)

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel