Konsep Hak Milik dan Kebutuhan Dalam Islam

  1. PENDAHULUAN
            Sebelum manusia memulai kehidupannya secara bermasyarakat dan belum tumbuh hubungan antara seorang dengan yang lain, maka belum ada pula apa yang kita namakan hak. Setiap manusia hidup bermasyarakat, bertolong menolongdalam menghadapi berbagai macam kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu, seorang perlu mencari apa yang dibutuhkannya, dari alam atau dari milik orang lain. Dari sini timbullah pertentangan-pertentangan kehendak. Maka untuk memelihara kepentingan masing-masing perlu ada norma yang mengatur sehingga tidak melanggar hak orang lain, dan tidak pula memperkosa kemerdekaan orang lain.
            Nadhariyatul haq atau fikriyatul haq, adalah tata aturan yang mengatur penghidupan manusia. Segenap syari’at masa yang telah lalu kemudian diakhiri oleh syari’at Islam mengadakan aturan-aturan untuk menentukan hak tersebut. Fiqh Islam telah menetapkan beberapa tata aturan, beberapa hukum, baik yang merupakan dasar maupun yang merupakan cabang dengan cara yang sangat sempurna yang belum pernah dikenal oleh tasyri’-tasyri’ yang lain.

  1. PEMBAHASAN
Konsep Hak Milik dalam Islam

A. Pengertian
B.Sebab-sebab Kepemilikan
C.Khususiyah Milkiyah (kaidah-kaidah khusus kepemilikan)
Konsep kebutuhan

Download selengkapnya disini



Silakan masukkan email untuk menerima update:

2 Responses to "Konsep Hak Milik dan Kebutuhan Dalam Islam"

  1. kunjungan malam hari gan...nice post...selalu support blog agan

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar anda. Karena komentar anda sangat berharga. Komentar akan dimoderasi sebagai filter terhadap komentar-komentar yang tidak sesuai. Salam gembladag!